Mad Farqi: Arti, Hukum Bacaan dan Contohnya

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat datang sahabat lafalquran.com. Bagaimana kabar sahabat hari ini ? Semoga sehat selalu dan lancar rejekinya. Amin.

Pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas materi tajwid bab mad farqi termasuk pengertian, hukum bacaan dan contoh mad farqi. Baiklah langsung saja berikut ulasan hukum bacaan mad farqi.

Pengertian Mad Farqi ( مَدْ فَرْقِ )

Mad menurut bahasa adalah panjang, sedangkan Farqi menurut bahasa artinya memisahkan. Jadi yang dinamakan Mad Farqi menurut istilah adalah bacaan panjang yang terjadi karena terdapat mad badal yang bertemu dengan huruf yang bertasydid.

Mad farqi terjadi karena memisahkan antara hukum Mad Badal dengan hukum Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi.

Hukum Bacaan Mad Farqi ( مَدْ فَرْقِ )

Hukum disebut bacaan mad farqi adalah apabila ada mad badal bertemu dengan huruf yang bertasydid dalam dua kalimat atau lain kalimat. Mad farqi dibaca dengan panjang 3 alif atau 6 harakat / ketukan.

Contoh Bacaan Mad Farqi ( مَدْ فَرْقِ )

Contoh bacaan mad farqi didalam Al Quran hanya ada 4, berikut contoh mad farqi disertai surah dan ayatnya:

NoSurahBacaan
1Al An’am (143)قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ
2Al An’am (144) قُلْ ءٰۤالذَّكَرَيْنِ
3Yunus (59) قُلْ اٰۤللّٰهُ
4An Naml (59) ءٰۤاللّٰهُ

Demikian pembahasan materi tajwid tentang mad farqi pada kesempatan ini. Mudah – mudahan bermanfaat untuk kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh.