Nun Wiqoyah (Nun Kecil Washal Iwadh): Arti, Cara Membaca dan Contohnya di Al Quran

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Selamat datang di lafalquran.com. Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas materi tajwid bab nun kecil (nun wiqoyah, nun washal, nun iwadh) yang ada didalam Al Quran.

Selain itu, pada pembahasan ini pula mimin akan menjabarkan ulasan apa itu bacaan nun wiqoyah ? cara membaca nun wiqoyah dan contoh-contohnya didalam Al Quran.

Baca Juga:

Pengertian Nun Wiqoyah

Nun Wiqoyah merupakan nun kecil yang berada dibawah huruf hamzah washal, yaitu nun yang dibaca kasroh ketika ada tanwin bertemu hamzah washal agar bacaan tanwin tetap terjaga.

Nun Wiqoyah juga disebut dengan Nun Iwadh yaitu nun sebagai pengganti tanwin dan disebut Nun Washal yaitu sebagai penyambung antara tanwin dengan huruf sukun atau mati.

Penulisan tanda Nun Wiqoyah bertujuan untuk memudahkan para pembaca Al Quran dalam melafalkan kalimat tersebut.

Letak dan Hukum Nun Wiqoyah

Tanda Nun Wiqoyah berada di 2 tempat, yaitu diantaranya:

  1. Terletak diantara waqaf dengan permulaan ayat, hukumnya apabila washal maka nun wiqoyah harus dibaca dan tidak dibaca ketika waqaf.
  2. Terletak tidak pada waqaf dengan permulaan ayat, hukumnya wajib dibaca washal.

Cara Membaca dan Contoh Nun Wiqoyah

Penulisan tanda Nun Wiqoyah pada Al Quran berbeda antara Mushaf Standar Madinah dengan Mushaf Standar Indonesia, untuk lebih jelasnya berikut mimin contohkan letak dan cara membaca Nun Wiqoyah dalam Al Quran.

Nun Wiqoyah di Awal Ayat

Berikut adalah beberapa contoh dan cara membaca nun wiqoyah yang berada di waqaf dengan permulaan ayat.

Nun Wiqoyah di Pertengahan Ayat

Berikut adalah beberapa contoh dan cara membaca nun wiqoyah yang tidak berada di antara waqaf dengan permulaan ayat.

Demikianlah pembahasan mengenai bab tajwid tentang nun wiqoyah, nun washal, nun iwad atau nun kecil pada kesempatan yang mimin bagikan kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya mimin mohon maaf. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.