Mad Badal adalah: Arti, Contoh Mad Badal dan Hukumnya

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu’alaikum Warahatullahi Wabarakatuh. Selamat datang di lafalquran.com. Bagaimana kabar sahabat lafalquran hari ini ? mudah-mudahan sehat selalu dan murah rejekinya. Amin.

Alhamdulillah. Pada kesempatan ini mimin akan membahas bab tajwid tentang mad badal, yaitu termasuk bagaimana pengertian mad badal ? contoh contoh mad badal ? dan bagaimana dengan hukum bacaan mad badal ? berikut ulasannya.

Baca Juga:

Pengertian Mad Badal

Mad menurut bahasa adalah panjang, sedangkan badal menurut bahasa adalah perubahan. Jadi yang dinamakan mad badal menurut istilah adalah bacaan panjang yang diubah karena ada hamzah ( ء , ؤ , ئ ) bertemu Mad. Panjang mad badal yaitu 1 alif atau 2 harakat / ketukan.

Hukum Bacaan Mad Badal

Hukum bacaan disebut mad badal adalah apabila ada hamzah ( ء , ؤ , ئ ) bertemu dengan Mad yang berasal dari hamzah sukun atau mati, kemudian huruf hamzah ini dirubah dan digantikan dengan huruf Alif ( ا ), Wawu ( و ), atau huruf Ya’ ( ي ).

Cara membaca hukum bacaan mad badal, dibaca dengan panjang 1 alif atau 2 harakat / ketukan, seperti panjang bacaan Mad Thobi’i.

Contoh Bacaan Mad Badal

Berikut adalah beberapa contoh hukum bacaan mad badal, diantaranya:

Bacaan Dibaca Latin
أَأْدَمُ اٰدَمُ Aadama
أَأْخُدُ اٰخُدُ Aakhudu
أُؤْفِى أُوْفِى Uufii
أُؤْتِيَ أُوْتِيَ Uutiya
أِئْلَافٍ أِيْلَافٍ Iilaafin
أِئْمَانٍ أِيْمَانٍ Iimaanin

Penjelasan:

  1. Hamzah ( أ ) kedua pada lafal أَأْدَمُ diubah dan diganti dengan huruf yang sesuai yaitu huruf Alif ( ا ) dan diganti menjadi bacaan mad, sehingga menjadi أَادَمُ kemudian ditulis آدَمُ
  2. Hamzah ( ؤ ) kedua pada lafal أُؤْتِيَ diubah dan diganti dengan huruf yang sesuai yaitu huruf Wawu sukun ( وْ ) dan diganti menjadi bacaan mad, sehingga menjadi أُوْتِيَ
  3. Hamzah ( ئ ) kedua pada lafal أِئْلَافٍ diubah dan diganti dengan huruf yang sesuai yaitu huruf Ya’ sukun ( يْ ) dan diganti menjadi bacaan mad, sehingga menjadi أِيْلَافٍ

Pada Al Qur’an versi kemenag penulisan mad badal sudah disesuaikan dengan pelafalannya. Selain itu, berikut ini adalah contoh hukum bacaan mad badal pada surat dan ayat yang terkandung di dalam Al Quran.

1. Surat Ad dhuha Ayat 4:

وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ

2. Surat Al Ghasyiyah Ayat 5:

تُسْقٰى مِنْ عَيْنٍ اٰنِيَةٍ

3. Surat Al Jasiyah Ayat 3:

 لَاٰيٰتٍ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۗ

4. Surat Al Jasiyah Ayat 4:

اٰيٰتٌ لِّقَوْمٍ يُّوْقِنُوْنَۙ

5. Surat Al Jasiyah Ayat 6:

وَاٰيٰتِهٖ يُؤْمِنُوْنَ

6. Surat Al Jasiyah Ayat 8:

يَّسْمَعُ اٰيٰتِ اللّٰهِ تُتْلٰى عَلَيْهِ

Demikianlah pembahasan mengenai mad badal dalam materi tajwid kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan dapat membantu. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.