Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi: Arti, Hukum Bacaan dan Contohnya

Bismillaahirramaanirrahim. Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabaraaktuh. Selamat datang di lafalquran.com. Alhamdulillah pada hari ini kita masih diberi karunia oleh Allah SWT yaitu berupa sehat jasmani dan sehat rohani, yang mana kita gunakan untuk melakukan amalan yang bermanfaat.

Pada kesempatan ini, mimin hendak membahas ilmu tajwid yaitu materi tentang bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi. Ada beberapa bacaan mad lazim dalam tajwid. Namun, yang pertama kali mimin bahas adalah materi mad lazim mutsaqqal kilmi dahulu.

Pada materi ini pula, mimin membahas tentang bagaimana pengertian mad lazim mutsaqqal kilmi ? Bagaimana dengan hukum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi ? panjang, cara membaca dan contoh bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi.

Baca Juga :

Pengertian Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi ( مَدْلَازِمْ مُثَقَّلْ كِلْمِى )

Mad artinya panjang, lazim yang artinya pasti, dan mutsaqqal artinya diberatkan sedangkan kilmi yaitu berasal dari kata kalimah yang artinya kata. Jadi yang dinamakan mad lazim mutsaqqal kilmi menurut istilah adalah bacaan yang dibaca panjang dan diberatkan pada satu kalimat. Panjang mad lazim mutsaqqal kilmi adalah 3 alif atau 6 harakat/ketukan.

Hukum Bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi ( مَدْلَازِمْ مُثَقَّلْ كِلْمِى )

Hukum bacaan disebut mad lazim mutsaqqal kilmi adalah apabila ada Mad Thobi’i bertemu dengan huruf yang bertasydid yaitu didalam satu kalimat.

Cara membaca hukum mad lazim mutsaqqal kilmi adalah harus dibaca panjang terlebih dahulu yaitu 3 alif atau 6 harakat / ketukan, kemudian disambung dengan ditasydidkan dan tetap memperhatikan huruf rangkap yang ditandai dengan tasydid setelah mad.

Contoh Bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi ( مَدْلَازِمْ مُثَقَّلْ كِلْمِى )

Berikut adalah contoh contoh hukum bacaan mad lazim mutsaqqal kilmi, diantaranya :

BacaanDibaca
وَلَاالضَّآلِّيْنَWaladdhoooooolliin
ضَآلًّاDhoooooollan
تَحَآضُّوْنَTahaaaaaaddhuuna
لَضَآلُّوْنَLadhoooooolluuna
اَلصَّآخَّةُAsshooooookhkhotu
اَلطَّآمَّةُAththoooooommatu

Contoh Hukum Bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi dalam Al Quran

1. Surat Al Fatihah ayat 7

غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

2. Surat Ad Dhuha ayat 7

وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ

3. Surat Ar Rahman ayat 39

فَيَوْمَئِذٍ لَّا يُسْـَٔلُ عَنْ ذَنْۢبِهٖٓ اِنْسٌ وَّلَا جَاۤنٌّۚ

4. Surat An Naml ayat 82

وَاِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ اَخْرَجْنَا لَهُمْ دَاۤبَّةً مِّنَ الْاَرْضِ

5. Surat Al Haqqah ayat 1

اَلْحَاۤقَّةُۙ

Demikianlah pembahasan materi tajwid kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.