Mad Layyin: Pengertian, Hukum Bacaan, Contoh dan Cara Membaca

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakatuh. Selamat datang di lafalquran.com. Bagaimana kabar sahabat hari ini ? mudah-mudahan sehat selalu yaa. Amiin.. Alhamdulillah pada kesempatan kali ini mimin akan membahas materi tajwid bab mad layyin.

Pada kesempatan ini pula, mimin juga membahas bagaimana tentang pengertian mad layyin ? bagaimana hukum bacaan mad layyin ? cara membaca dan juga contoh mad layyin. Baiklah langsung saja berikut ulasanya.

Pengertian Mad Layyin ( مَدْ لَيْن )

Layyin, lain atau lin menurut bahasa artinya adalah lunak atau halus. Mad layyin menurut istilah adalah kalimat yang dibaca dengan lembut dan halus. Mad layyin tidak boleh dibaca panjang, namun diperbolehkan dibaca panjang apabila dalam keadaan waqaf.

Mad layyin merupakan salah satu dari bagian hukum Mad Far’i ( cabang ) dan sebagai pengingat bahwa mad layyin adalah huruf Ya’ dan Wawu yang sebelumnya selalu diikuti huruf yang berharakat fathah.

Berbeda dengan hukum Mad Thobi’i apabila ada huruf Ya’ sebelumnya diikuti harakat kasrah, huruf Wawu sebelumnya diikuti harakat dhommah dan Alif sebelumnya diikuti harakat fathah.

Hukum Bacaan Mad Layyin ( مَدْ لَيْن )

Hukum bacaan disebut mad layyin adalah apabila ada huruf mad yaitu huruf Wawu sukun ( وْ ) dan Ya’ sukun ( يْ ) dan huruf sebelumnya berharakat fathah ( -َ ) dalam satu kalimat.

Cara Membaca Mad Layyin

Cara membaca mad layyin atau mad lin yaitu dengan membaca huruf yang berharakat fathah terlebih dulu bersamaan dengan membaca huruf ya’ atau wawu sukun kemudian digabung dengan huruf atau lafal selanjutnya. Cara membacanya seperti “Ay” atau “Aw”.

Panjang Mad Lin atau Mad Layyin apabila dalam keadaan waqaf boleh dibaca dengan panjang 1 Alif (2 harakat), 2 Alif (4 harakat) atau 3 Alif (6 harakat).

Contoh Bacaan Mad Layyin ( مَدْ لَيْن )

Berikut adalah beberapa contoh hukum bacaan mad layyin, diantaranya :

BacaanDibaca
اَرَءَيْتَAraaita
قُرَيْشٍQuraisyin
اَلصَّيْفٍAshshaifin
اَلْبَيْتِAlbaiti
خَوْفٍKhaufin
تَوَاصَوْTawaashau
دَعَوْهُمْDha ‘auhum

Contoh Bacaan Mad Layyin dalam Al Quran

1. Surat Al Baqarah ayat 2

ذٰلِكَ الْكِتٰبُ لَا رَيْبَ ۛ فِيْهِ ۛ هُدًى لِّلْمُتَّقِيْنَۙ

Hukum mad layyin terdapat pada lafal رَيْبَ

2. Surat Al Baqarah ayat 3

الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ

Hukum mad layyin terdapat pada lafal بِالْغَيْبِ

3. Surat Al Baqarah ayat 4

وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْكَ وَمَآ اُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ

Hukum mad layyin terdapat pada lafal اِلَيْكَ

4. Surat Al Baqarah ayat 6

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا سَوَاۤءٌ عَلَيْهِمْ

Hukum mad layyin terdapat pada lafal عَلَيْهِمْ

5. Surat Al Baqarah ayat 8

وَبِالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَمَا هُمْ بِمُؤْمِنِيْنَۘ

Hukum mad layyin terdapat pada lafal وَبِالْيَوْمِ

Demikianlah pembahasan tajwid tentang hukum bacaan mad layyin dalam artikel kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan membantu bagi yang belajar tajwid. Kurang lebihnya mohon maaf. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *