Lam Jalalah: Tafkhim dan Tarqiq (Arti, Hukum Bacaan dan Contohnya)

Bismillahirrahmanirrahiim. Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Alhamdulillah pada kesempatan ini kita dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan sehat seperti biasanya. Semoga nikmat dan rahmat-Nya ini selalu menyertai kita. Amin.

Pada kesempatan kali ini, mimin akan membahas bab tajwid tentang bacaan Lam Jalalah termasuk pembagian hukum bacaan lam jalalah, pengertian dan contohnya.

Baca Juga:

Pengertian Lam Jalalah

Lam Jalalah adalah huruf lam ( ل ) yang terdapat pada lafal Allah ( اَللّٰهُ ) yang dibaca tebal apabila didahului huruf yang berharakat fathah atau dhammah dan dibaca tipis apabila didahului huruf yang berharakat kasrah.

Hukum Bacaan Lam Jalalah

Hukum bacaan lam jalalah terbagi menjadi dua yaitu tebal dan tipis. Dibaca tebal apabila huruf Lam pada lafal Allah ( اَللّٰهُ ) didahului huruf yang berharakat fathah atau dhommah yang disebut Lam Tafkhim dan dibaca tipis apabila huruf Lam pada lafal Allah ( اللّٰهُ ) didahului huruf yang berharakat kasroh yang disebut Lam Tarqiq.

Cara Membaca Lam Jalalah

Cara membaca lam jalalah terbagi menjadi 2 yaitu:

  1. Tafkhim / Tebal ( تَفْخِمْ )
  2. Tarqiq / Tipis ( تَرْ قِيْق )

Tafkhim ( تَفْخِمْ )

Lam Tafkhim atau disebut juga dengan Lam Mufakhomah ( لَامُ الْمُفَخَّمَةْ ) adalah harus membaca huruf lam pada lafal Allah ( اَللّٰهُ ) dengan tebal yaitu dengan cara mengangkat semua lidah dan menekankanya ke langit-langit atas sambil menekankan suara yang cukup kuat.

Contoh Lam Tafkhim

Berikut adalah contoh bacaan lam jalalah yang dibaca tebal (tafkhim), diantaranya:

Bacaan Dibaca
اللهم Allaahumma
شَهِدَاللّٰهُ Syahidallaahu
رَسُوْلُ اللّٰهِ Rasulullaahi

Tarqiq ( تَرْ قِيْق )

Lam Tarqiq atau disebut juga dengan Lam Muraqqaqah ( لَامُ الْمُرَقَّقَةْ ) adalah harus membaca huruf lam pada lafal Allah ( اللّٰهُ ) dengan tipis yaitu dengan cara mengangat lidah keatas dengan suara rendah.

Contoh Lam Tarqiq

Berikut adalah contoh bacaan lam jalala yang dibaca tipis (tarqiq), diantaranya:

Bacaan Dibaca
بِا اللّٰهُ Billaahi
بِسْمِ اللّٰهُ Bismillaahi
دِيْنِ اللّٰهِ Diinillaahi

Huruf lam yang terdapat dalam semua kalimat bahasa arab selain lafal Allah harus dibaca tipis, contohnya:

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ – مَالُهُ – وَلَمْ يَكُنْ لَهُ

Demikian pembahasan mengenai bab tajwid lam jalalah pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.