Doa Naik Kendaraan Arab Latin dan Artinya

Doa adalah harapan atau permohonan yang kita panjatkan kepada Allah SWT agar hidup kita selamat di dunia maupun di akhirat. Berdoa tidak hanya dilakukan ketika selesai sholat saja, namun dalam keadaan bagaimanapun juga kita tetap berdoa kepada Allah SWT.

Salah satu keadaan yaitu ketika kita hendak berpergian dan naik kendaraan. Berdoa sebelum naik kendaraan bertujuan agar kita selalu dilindungi oleh Allah SWT selama perjalanan serta selamat sampai tujuan.

Namun alangkah baiknya sebelum berpergian bacalah doa keluar rumah. Dan berikut ini adalah beberapa bacaan doa naik kendaraan darat, laut, maupun udara bahasa arab, latin, dan artinya.

Doa Naik Kendaraan (Darat / Udara)

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa-inna ilaa rabbina lamunqalibuun.Artinya : “Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.”

Doa Naik Kendaraan Laut (Kapal)

بِسْمِ اللّٰهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا ۚ إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌBismillaahi majraahaa wa mursaahaa Inna rabbii laghafuururraa’hiimArtinya: “Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Doa Ketika Sampai Tujuan

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ اَوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْAlhamdulillahilladzi sallamani walladzi awaanii walladzi jama’assamla biiArtinya : “Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”