Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Arab Latin dan Artinya

Belajar atau menuntut ilmu adalah kewajiban bagi seorang muslim. Ilmu adalah bekal kita agar bisa menjalani hidup bahagia di dunia maupun di akhirat.

Salah satunya dengan ilmu kita dapat mengetahui antara baik dan benar yang dapat menuntun kita ke dalam kebaikan maupun kebenaran.

Namun, dengan ilmu yang tinggi juga harus diimbangi dengan meneladani sikap atau akhlak Rasulullah SAW. Rasulullah SAW telah bersabda dalam Hadist tentang pentingnya menuntut ilmu, yaitu sebagai berikut.

Hadist Menuntut Ilmu

Di bawah ini adalah beberapa hadist Rasulullah mengenai pentingnya dan keutamaan menuntut ilmu.

Hadist Menuntut Ilmu 1

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍTholabul ‘ilmi qoriidlotun ‘ala kulli muslimin wa muslimatArtinya : “Mencari ilmu itu wajib untuk seluruh umat muslim yang laki-laki ataupun perempuan.”

Hadist Menuntut Ilmu 2

اَطْلُبِ الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ اِلَى الَّحْدِUthlubil ‘ilma minal mahdi ilallahdiArtinya: “Carilah ilmu sejak dari buaian sampai ke liang lahat.”

Hadist Menuntut Ilmu 3

أُطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِUtlubul ilma walau bissinArtinya : “Carilah ilmu walaupun ke negeri cina.”

Hadist Menuntut Ilmu 4

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا شَهَّلَ اللّٰهِ بِهِ طَرِيْقًا اِلَى الْجَنَّةِMan salaka thoriiqon yaltamisu fiihi ‘ilman sahhalallahu bihi thoriiqon ilaljannatiArtinya: “Barang siapa yang menempuh jalan dalam mencari suatu ilmu. Niscaya Allah akan memudahkannya menuju jalan ke surga.”

Hadist Menuntut Ilmu 5

مَنْ خَرَجَفِى طَلَبُ الْغِلْمِ فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللّٰهِ حَتَّى يَرْجِعَMan khofii tholabul ‘ilmi fahuwa fii sabiilillaahi hatta yarji’aArtinya: “Barang siapa yang keluar dengan tujuan untuk mencari ilmu maka ia berada di jalan Allah sampai ia pulang.”

Hadist Menuntut Ilmu 6

مَنْ اَرَا دَالدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَالْااَخِرَةَ فَعَلَيْهِ بِلْعِلْمِ . وَمَنْ اَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِMan araa daaddunyaa fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadaal akhirata fa’alayhi bil’ilmi, wa man araadahumaa fa’alayhi bil’ilmiArtinya: “Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib untuknya mempunyai ilmu, serta barang siapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib untuknya mempunyai ilmu, serta barang siapa yang menghendaki keduanya, maka wajib untuknya memiliki ilmu.”

Hadist Menuntut Ilmu 7

إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ : صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ لَهُArtinya: “Apabila seseorang sudah meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara, yakni sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat serta anak yang sholeh.” (HR. Muslim).

Selain hadist Rasulullah SAW, Allah SWT juga berfirman didalam Al Quran mengenai pentingnya ilmu, antara lain :

Ayat Al Quran Tentang Ilmu

Berikut adalah beberapa Ayat yang menerangkan tentang pentingnya menuntut ilmu, yaitu antara lain :

Surat Thaaha Ayat 14

وَقُلْ رَّبِّ زِدْنِيْ عِلْمًاwa qur rabbi zidnī ‘ilmāArtinya: dan katakanlah, “Ya Tuhanku, tambahkanlah ilmu kepadaku.”

Surat Az Zumar Ayat 9

قُلْ هَلْ يَسْتَوِى الَّذِيْنَ يَعْلَمُوْنَ وَالَّذِيْنَ لَا يَعْلَمُوْنَ ۗ اِنَّمَا يَتَذَكَّرُ اُولُوا الْاَلْبَابِqul hal yastawillażīna ya’lamụna wallażīna lā ya’lamụn, innamā yatażakkaru ulul-albābArtinya: Katakanlah, “Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran.

Di atas adalah beberapa Ayat dan Hadist yang menjelaskan tentang pentingnya menuntut ilmu. Selain itu, berdoa sebelum belajar adalah dianjurkan oleh Rasulullah. Berikut adalah doa sebelum belajar dan setelah belajar arab latin dan artinya.

Doa Sebelum Belajar

Di bawah adalah beberapa bacaan doa mau belajar atau akan belajar, antara lain :

Doa Sebelum Belajar 1

رَضِتُ بِااللّٰهِ رَبَّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـاRadlitu billahirabba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaaw warasuula, Rabbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaanArtinya: “Kami ridha bahwa Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik.”

Doa Sebelum Belajar 2

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَRabbi zidnii ‘ilman Warzuqnii fahmaa, Waj’alnii minash-shaalihiinArtinya: “Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu serta berilah aku kemampuan untuk memahaminya, serta jadikanlah aku termasuk golongan dari hamba-Mu yang sholeh.”

Doa Sebelum Belajar 3 (sesuai sunnah)

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَAllaahumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar RaahimiinArtinya: “Ya Allah, bebaskanlah kami dari segala kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu kepada kami serta bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

Doa Sesudah Belajar

Berikut adalah beberapa bacaan doa setelah belajar arab latin dan artinya.

Doa Sesudah Belajar 1

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُAllahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa’ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahuArtinya: “Ya Allah, tunjukkanlah terhadap kami kebenaran, sehingga kami bisa mengikutinya. Serta tunjukkanlah terhadap kami kejelekan sehingga kami bisa menjauhinya.”

Doa Sesudah Belajar 2

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍRabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulihalArtinya: “Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu tehadap kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.”

Doa Sesudah Belajar 3

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَAllaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa rabbal ‘alamiinArtinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku, maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”