Doa Masuk dan Keluar Rumah Arab Latin dan Artinya

Rumah adalah tempat kita untuk tinggal, tempat untuk berlindung, beraktifitas dan beribadah. Islam mengajarkan kita untuk berdoa dahulu sebelum melakukan aktifitas atau sesuatu. Termasuk sebelum masuk rumah maupun keluar rumah, kita dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Perlu diketahui sebelum memasuki rumah alangkah baiknya kita mengetahui adab dan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut adalah bacaan doa adab dan sunnah sebelum memasuki rumah dan keluar rumah arab latin dan artinya.

Adab Sebelum Masuk Rumah

Berikut adalah adab – adab yang dapat dilakukan sebelum memasuki rumah.

  1. Membaca basmalah
  2. Mengetuk pintu (apabila pintu dalam keadaan tertutup)
  3. Mengucapkan salam (di rumah sendiri maupun bertamu)
  4. Membaca doa masuk rumah
  5. Mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu

Adab Keluar Rumah

Berikut adalah adab – adab yang dapat dilakukan saat keluar rumah.

  1. Membaca basmalah
  2. Mengucapkan salam (di rumah sendiri maupun bertamu)
  3. Membaca doa keluar rumah
  4. Mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu

Doa Masuk Rumah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ للّٰهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ للّٰهِ خَرَجْنَا وَعَلَى للّٰهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا Allahumma innii as-aluka khairal mauliji wa khairal makhraji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa’alallahi rabbina tawakkalnaaArtinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Doa Keluar Rumah

بِسْمِ للّٰهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى للّٰهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِا للّٰهِ Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaahi laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahiArtinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.”