Doa Memakai dan Melepas Pakaian Arab Latin dan Artinya

Berpakaian adalah salah satu bentuk cara untuk menutupi aurat. Setiap muslim dan muslimah wajib untuk menjaga dan menutup auratnya. Aurat laki – laki dari bagian pusar sampai bagian lututnya, sedangkan aurat perempuan seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah.

Sebelum memakai pakaian dianjurkan dahulu untuk berdoa agar selama kita berpakaian terjaga dari kejelekan dan keburukan. Selain itu, setelah kita berpakaian juga dianjurkan untuk berdoa dahulu yaitu sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan doa memakai pakaian, pakaian baru dan doa melepas pakaian arab latin dan artinya.

Doa Memakai Pakaian

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُAllaahumma innii as-aluka min khairihii wa khairi maa huwa lahuu wa’a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuuArtinya: “Dengan nama-Mu yaa Allah aku minta kepada Engkau kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa yang ada padanya, dan aku berlindung kepada Engkau dari kejahatan pakaian ini dan kejahatan yang ada padanya.”

Doa Memakai Pakaian Baru

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍAlhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghairi hawlim minni wa laa quwwatinArtinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi aku pakaian ini dan memberi rizeki dengan tiada upaya dan kekuatan dariku.”

Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللّٰهِ الَّذِيْ لَآ إِلَهَ إِلَّا هُوَBismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwaArtinya: “Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain-Nya”