Doa Istinja: Tata Caranya Arab Latin dan Artinya Sesuai Sunnah

Istinja adalah mensucikan diri dari hadas (kotoran) yang keluar dari kubul maupun dubur. Apabila setelah kita membuang air kecil dan air besar, tentunya kita wajib beristinja untuk membersihkan diri dari hadas dan najis.

Beristinja dilakukan dengan cara membersihkan kubul atau dubur dengan menggunakan air, batu, atau benda yang bersih dan suci.

Istinja wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan dari najis maupun kotoran agar ketika beribadah kita selalu dalam keadaan suci dan bersih.

Baca Juga :

Tata Cara Beristinja Sesuai Sunnah

  1. Membersihkan kubul atau dubur dengan menggunakan air, tisu atau batu yang bersih.
  2. Jika menggunakan batu atau sesuatu yang kering, gunakan sisi bagian yang lain untuk membersihkan kubul atau dubur.
  3. Membaca doa istinja.

Doa Istinja

اَللّٰهُمَّ حَسِّنْ فَرْجِىْ مِنَ الْفَوَاخِشِ وَظَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِAllaahumma hassin farjii minal fawaahisyi wa thahhir qalbii minan nifaaqiArtinya : “Ya Allah bersihkanlah farjiku (kemaluan) dari keburukan dan bersihkan hatiku dari nifaq (kemunafikan).”

Setelah selesai beristinja dan hendak keluar dari kamar mandi dianjurkan membaca doa keluar kamar mandi sebagai berikut:

Doa Keluar WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ الِلّٰهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْGhufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”