Doa Masuk dan Keluar WC Arab Latin dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan doa masuk wc dan keluar wc atau kamar mandi bahasa arab latin dan artinya.

Perlu kita ketahui bahwasanya wc atau kamar mandi adalah tempat yang lembab yaitu tempat dimana kita membuang hajat, baik itu buang air kecil maupun buang air besar.

Selain itu, wc atau kamar mandi adalah tempat dimana jin atau setan dapat menghuninya, karena tempat tersebut yang lembab dan untuk membuang hajat.

Oleh sebab itu, membaca doa sebelum masuk wc adalah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, yaitu dalam Hadist Riwayat Bukhori :

Hadist Anjuran Berdoa Sebelum Masuk Kamar Mandi

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللّٰهِ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللّٰهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِArtinya: “Anas bin Malik Ra. Menuturkan “jika Rosulullah Saw hendak masuk WC, beliau berdo’a, “Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaits” ( ya Allah, aku berlindung kepadamu dari setan laki- dan setan perempuan”.(HR. Bukhari)

Hadist Anjuran Berdoa Keluar dari Kamar Mandi

أَنَّ النَّبِىَّ صَلَّى اللّٰهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنَ الْغَائِطِ قَالَ : غُفْرَانَكَArtinya: “Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa setelah beliau keluar kamar mandi beliau ucapkan “ghufronaka” (Ya Allah, aku memohon ampun pada-Mu).”

Adab Sebelum Masuk, Selama dan Saat Keluar WC

Berikut adalah adab – adab sebelum masuk, selama dan saat keluar wc:

  1. Membaca basmalah dan membaca doa masuk wc
  2. Saat masuk WC dahulukan kaki kiri
  3. Disarankan menggunakan alas kaki seperti sandal jepit
  4. Selama di kamar mandi tidak boleh berbicara atau bernyanyi
  5. Selama di kamar mandi tidak boleh membaca ayat – ayat suci Al Quran
  6. Ketika membuang hajat baik buang air kecil maupun buang air besar, tidak boleh membelakangi ka’bah akan tetapi menyamping. sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat”. (HR. Al-Bukhari). Apabila menyamping tidak bisa, maka arahkan selain arah ke kiblat
  7. Selama di kamar mandi tidak boleh mengucapkan atau menjawab salam
  8. Setelah membuang hajat siram sampai bersih agar terhindar dari najis
  9. Membaca doa istinja / bebersih ketika selesai buang air besar
  10. Ketika keluar dari kamar mandi dahulukan kaki kanan dan membaca doa keluar WC

Doa Masuk WC

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِAllaahumma Innii a’uudzubika minal khubutsi wal khabaaitsiArtinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari syaitan besar laki-laki dan perempuan”

Doa Keluar WC

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ الِلّٰهِ الَّذِىْ اَذْهَبَ عَنِّى اْلاَذَى وَعَافَانِىْGhufraanaka. Alhamdulillaahil ladzii adzhaba ‘annil adzaa wa’aafaanii.Artinya: “Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji milik Allah yang telah menghilangkan kotoran dari badanku dan yang telah menyejahterakan.”