Doa Sebelum dan Sesudah Makan Arab Latin dan Artinya

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh. Selamat datang di lafalquran.com. Sebagai umat muslim khususnya orang tua yang sudah memiliki anak, tentunya dianjurkan untuk mendidik anak-anaknya dan mengajarkan kepada mereka tentang doa-doa.

Nah, pada artikel ini mimin akan membagikan kumpulan doa-doa tepatnya doa mau makan, doa setelah makan, doa setelah minum dan doa ketika makan lupa membaca doa serta adab sebelum makan.

Baca Juga:

Adab-adab Sebelum Makan

Sebelum makan tentunya ajarkan pula kepada anak-anak tentang adab-adab sebelum makan, yaitu diantaranya:

  1. Membaca basmalah
  2. Mencuci kedua tangan
  3. Membaca doa sebelum makan
  4. Membaca doa apabila selesai makan
  5. Membaca doa setelah minum

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِAllaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannarArtinya : “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau limpahkan kepada kami dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”

Doa Setelah Makan

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَAlhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alanaa minal muslimiinArtinya : “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Doa Setelah Minum

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَاAlhamdu lillaahil ladzi ja’alahuu ‘adzbam furootam birohmatihii wa lamyaj’alhu milhan ujaajam bidzunuubinaaArtinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”

Doa Ketika Makan Lupa Membaca Doa

بِسْمِ اللّٰهِ فِى أَوَّلِهِ وَآخِرِهِBismillaahi fii awwalihi wa aakhirihiArtinya: “Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”

Sunnah Makan yang Dilakukan Rasulullah

Disarankan kepada orang tua untuk memberitahu kepada anak-anak tentang sunnah-sunnah atau makna arti doa sebelum makan agar anak-anak lebih memahami dan menghargai makanan.

Membaca Doa

Rasulullah SAW sebelum makan membaca doa “Bismillaahi Awwalahu Wa Aakhirohu” doa ini dilakukan agar setan tidak ikut masuk ke dalam makanan kita.

Rasulullah bersabda:

إِنَّ الشَّيْطَانَ يَسْتَحِلُّ الطَّعَامَ أَنْ لاَ يُذْكَرَ اسْمُ اللّٰهِ عَلَيْهِArtinya: “Sungguh, setan menghalalkan makanan yang tidak disebutkan nama Allah padanya”.

Menggunakan Tangan Makan

Dalam Hadist menjelaskan bahwa ketika Rasulullah makan dan minum, Rasulullah menggunakan tangan kanan. Apabila makan menggunakan tangan kiri sama saja dengan yang dilakukan setan, maka sebagai umat muslim hendaknya kita menggunakan tangan kanan.

Rasulullah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِArtinya: “Jika seseorang di antara kalian makan, maka hendaknya dia makan dengan tangan kanannya. Jika minum maka hendaknya juga minum dengan tangan kanannya, karena setan makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kirinya pula”.

Makan dari Pinggir

Rasulullah juga menjelaskan dalam sabda, bahwa memulai makan hendaknya dari pinggir kemudian ke tengah.

Rasulullah bersabda:

إِنَّ الْبَرَكَةَ تَنْزِلُ وَسَطَ الطَّعَامِ فَكُلُوا مِنْ حَافَتَيْهِ وَلاَ تَأْكُلُوا مِنْ وَسَطِهِArtinya: “Barokah itu turun di tengah-tengah makanan, maka mulai lah makan dari pinggirnya dan jangan memulai dari tengahnya”.

Tidak Makan Sambil Bersandar

Sunnah selanjutnya yaitu makan tidak sambil bersandar yaitu dalam hadist Rasulullah:

أَمَّا أَنَا فَلاَ آكُلُ مُتَّكِئًاArtinya: “Adapun saya tidak suka makan sambil bersandar”.

Tidak Menjatuhkan Makanan

Tidak menjatuhkan makanan dan mengambil makanan yang jatuh juga merupakan sunnah makan yang dilakukan Rasulullah yaitu dalam sabda Nabi:

إِذَا وَقَعَتْ لُقْمَةُ أَحَدِكُمْ فَلْيَأْخُذْهَا فَلْيُمِطْ مَا كَانَ بِهَا مِنْ أَذًى وَلْيَأْكُلْهَا وَلاَ يَدَعْهَا لِلشَّيْطَانِArtinya: “Apabila suapan makanan salah seorang di antara kalian jatuh, ambilah kembali lalu buang bagian yang kotor dan makanlah bagian yang bersih Jangan dibiarkan suapan tersebut dimakan setan“.

Menjilati Jari Sesudah Makan

Sunnah menjilati jari sesudah makan dan mengabiskan sisa makanan sebelum mencuci tangan. Adab ini dilakukan sebab kita tidak tahu dimana letak dari keberkahan makanan tersebut.

Rasulullah bersabda:

وَلاَ يَمْسَحْ يَدَهُ بِالْمِنْدِيلِ حَتَّى يَلْعَقَ أَصَابِعَهُ فَإِنَّهُ لاَ يَدْرِى فِى أَىِّ طَعَامِهِ الْبَرَكَةُArtinya: “Janganlah dia sapu tangannya dengan serbet sebelum dia jilati jarinya. Karena dia tidak tahu makanan mana yang membawa berkah”.

Kandungan Isi Doa Sebelum Makan

Makna doa sebelum makan adalah mendoakan semua orang yang telah berjasa dalam menyiapkan segala sesuatu yang telah kita makan. Contohnya adalah seorang petani yang mulainya membajak sawah, menanam padi hingga memanen padi.

Doa sebelum makan ditujukan untuk meminta berkah kepada Allah untuk mereka. Semoga apa yang kita makan menjadi keberkahan bagi kita semua.

Demikian doa sebelum dan sesudah makan yang dapat mimin bagikan. Semoga bermanfaat. Akhir kata sekian dan terimakasih. Wassalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabaraaktuh.