Doa Ketika Bersin Arab Latin dan Artinya

Bersin adalah gejala ketika hendak flu atau sakit. Tetapi bukan hanya ketika hendak flu saja. Apabila kita menghirup udara yang kotor atau debu yang masuk kedalam hidung kita, hidung akan terasa gatal.

Masuknya debu kedalam hidung tersebut membuat kita bersin bersin. Nah, karena bersin adalah mengeluarkan udara yang keras dari dalam hidung dan mulut, otomatis cairan atau percikan air yang ada didalam hidung atau didalam mulut juga ikut keluar.

Maka kita hendaknya melaksanakan adab ketika bersin agar cairan atau udara yang keluar tidak menular atau terkena orang yang ada didekat kita.

Adab Ketika Bersin

  1. Pelankan suara ketika bersin (jika memungkinkan).
  2. Gunakan kain bersih untuk menutup hidung atau mulut ketika bersin agar percikan air atau udara yang keluar tidak terkena orang yang ada didekat kita.
  3. Apabila tidak ada penutup kain dan didepan ada orang lain arahkan pandangan ke belakang saat bersin. (berlawanan arah)
  4. Membaca doa ketika bersin.

Doa Ketika Bersin

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِAlhamdulillaahArtinya : “Segala Puji Bagi Allah”

Adapun ketika kita mendengar ada orang bersin dan mengucapkan Alhamdulillah hendaknya kita juga ikut mendoakan orang tersebut agar diberikan kebaikan dan keberkahan oleh Allah SWT.

Doa Mendengar Orang Bersin

يَرْحَمُكَ اللّٰهِYarhamukallohArtinya :”Semoga Allah memberi rahmat kepadamu”

Dan apabila orang bersin tersebut didoakan oleh orang lain dengan doa diatas, hendaknya orang yang bersin juga menjawab doa sebagai berikut.

Doa Menjawab Orang yang Mendoakan Orang Bersin

يَهْدِيْكُمُ اللّٰهِ وَيَصْلِحُ بَالَكُمً Yahdiikumullah wa yaslihu baalakumArtinya : “Semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu”