Buah Tin yang disebutkan di Al Quran dan Manfaatnya

Buah tin atau buah ara adalah salah satu pilihan yang baik sebagai makanan penutup yang dapat Anda coba. Kenapa harus dengan buah tin ? Apa saja manfaat buah tin atau ara ini ? Mimin akan mengulasnya dalam postingan ini. Buah tin atau buah ara juga disebutkan di dalam Al Quran.

Buah ara adalah salah satu buah yang paling umum bagi setiap orang, baik yang berbuah segar maupun berbuah kering. Buah tin atau buah ara telah digunakan sejak zaman kuno dalam pengobatan berbagai kondisi dan penyakit seperti: diabetes, penyakit hati, pernapasan, dan kemih.

Manfaat buah ara yang ditemukan memiliki peran yang sangat besar dalam ketahanan terhadap banyak infeksi, dan buah ara kering adalah salah satu buah kering terkaya dan persentase antioksidan tertinggi. Berikut adalah 5 manfaat buah ara yang paling penting.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah tin mengandung antioksidan kuat terutama fenol yang terkandung dalam buah ara kering dalam jumlah besar, sehingga antioksidan ini melindungi lipoprotein dalam darah dari oksidasi.

Jadi, makan buah ara membantu mengurangi timbulnya penyakit kardiovaskular, dan banyak penelitian menunjukkan bahwa makan buah ara membantu:

  1. Kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas meningkat sekitar 4 jam setelah konsumsi.
  2. Buah ara telah terbukti membantu menurunkan trigliserida berbahaya, dan kandungan kalium yang tinggi memiliki peran dalam meningkatkan kesehatan jantung dan mengendalikan tekanan darah dan regulasi.
  3. Buah tin mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang membantu mencegah penyakit jantung koroner.
  4. Kandungan magnesium dalam buah ara bermanfaat bagi jantung dan arteri.

Mengkontrol Tekanan Darah

Penelitian telah membuktikan peran dan manfaat buah ara dalam mengendalikan dan menurunkan tekanan darah, karena buah ara mengandung logam kalium yang membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Ini juga melemaskan pembuluh darah dan dengan demikian mengurangi tekanan, dan membantu meningkatkan ekskresi “garam” natrium klorida dalam urin dan membersihkan tubuh mereka.

Setengah cangkir buah ara kering mengandung sekitar 507 mg kalium.

Mencegah Penyakit Sembelit

Buah ara mengandung TSP tinggi serat makanan yang memiliki peran penting dalam:

  1. Lembutkan limbah dan perbaiki buang air besar dan cegah atau obati sembelit.
  2. Pencegahan gangguan pencernaan pada penyakit umum dan kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.
  3. Buah ara, baik segar maupun kering, mengandung dua jenis serat: “larut dan tidak larut”.

Serat larut memiliki peran penting dalam penurunan berat badan, mengendalikan nafsu makan, menurunkan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol, sementara serat tak larut keluar bersama feses dan meningkatkan fungsi usus.

Tiga buah ara kecil menghasilkan sekitar 5 gram serat, dan setengah cangkir ara kering mengandung sekitar 7,3 gram serat.

Manfaat Buah Ara dalam Melawan Kanker

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, buah ara atau buah tin mengandung serat makanan dan antioksidan dalam jumlah tinggi dan sangat penting dalam memerangi infeksi dan banyak penyakit, termasuk kanker.

Salah satu antioksidan paling populer adalah flavonoid, yang penelitiannya telah membuktikan perannya dalam mencegah kanker paru-paru dan usus besar khususnya.

Buah Ara kaya akan beberapa mineral yang diperlukan untuk tubuh

Buah tin adalah sumber penting dari berbagai mineral dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh, yang paling terkenal adalah:

1. Buah Ara kaya akan kalsium

Kalsium adalah mineral terpenting dalam struktur tulang, pertumbuhan, perlindungan, dan perlindungan terhadap osteoporosis, buah ara mengandung kalsium dalam jumlah tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lainnya.

Satu porsi ara kering dapat memenuhi sekitar 12% dari kebutuhan kalsium kita hari ini.

2. Buah ara yang kaya akan zat besi

Jika Anda menderita anemia, anemia atau kekurangan zat besi dalam tubuh Anda, buah ara segar atau kering dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan zat besi Anda.

Setengah cangkir buah ara kering mengandung 1,5 miligram besi. Zat besi sangat penting bagi tubuh karena memasuki bangunan sel darah merah, yang membantu membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.

3. Buah ara yang kaya akan mangan

Banyak penelitian telah menemukan bahwa kekayaan ara mangan membantu melindungi mata, mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama hilangnya penglihatan pada lansia.

Ketiga buah ara besar mengandung sekitar 0,25 mg mangan.

Selain itu, tubuh bergantung pada mangan untuk membantu mengaktifkan beberapa protein dan enzim yang diperlukan untuk banyak reaksi vital yang terjadi di dalam tubuh.

4. Buah ara kaya akan kalium

Buah mengandung jumlah kalium yang tinggi, mineral penting untuk sel-sel tubuh dan dalam menjaga keseimbangan cairan di dalamnya, terutama penting untuk mendukung fungsi sel otot dan memungkinkan mereka berkontraksi dan diastol.

Ini juga penting untuk pekerjaan serat otot yang membentuk jantung dan usus.