Buah Pisang yang disebutkan di Al Quran dan Manfaatnya

Manfaat buah pisang sangat banyak dan beragam, seperti mengobati masalah pencernaan, mencegah banyak penyakit dan kanker serta melawan penuaan. Lantas apa saja manfaat buah pisang? Buah pisang juga disebutkan didalam Al Quran.

Pisang adalah buah tropis yang populer dan tersedia di sebagian besar wilayah dengan kelembaban tinggi sepanjang tahun, dan terkenal dengan harganya yang murah. Biasanya dimakan sendiri atau dimasukkan ke dalam jus untuk memberikan jus tekstur yang kental.

Pisang juga digunakan dalam pembuatan manisan dan banyak hidangan serta merupakan makanan pokok di banyak negara seperti Thailand, Asia Tenggara dan Afrika.

Manfaat Buah Pisang

Manfaat pisang banyak sekali, karena merupakan salah satu sumber energi alami terbaik dan gula serta mineral sederhana yang penting bagi tubuh manusia, termasuk:

1. Kaya Kalori

Salah satu manfaat pisang adalah buah yang kaya kalori, karena 100 gram mengandung hampir 90 kalori, selain kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk tubuh manusia.

2. Menyediakan Energi

Bubur pisang lunak dan mudah dicerna karena mengandung gula yang mudah diserap seperti sukrosa dan fruktosa. Pisang adalah makanan populer bagi para atlet yang memberi mereka energi cepat yang mereka butuhkan selama berolahraga dan dalam berbagai olahraga.

3. Pencegahan Masalah Pencernaan

Pisang mengandung serat larut tinggi, seperti Pectin, dengan mengkonsumsi 100 gram pisang memberikan sekitar 7% dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Dengan demikian, ini memfasilitasi pergerakan usus dan mencegah masalah pencernaan dan banyak penyakit kronis.

4. Pencegahan Sembelit

Pisang mengandung serat larut tinggi, terutama pektin, dan persentase air yang tinggi, karena 75% massanya adalah air.

Makan satu pisang sehari memasok sekitar 15% dari serat yang dibutuhkan setiap hari.

Fakta bahwa itu mengandung banyak monosakarida sederhana mendorong sekresi banyak enzim yang memfasilitasi pencernaan dan dengan demikian memiliki peran penting dalam pencegahan dan pengobatan sembelit.

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Pisang berkontribusi pada pencegahan banyak penyakit dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan ini adalah salah satu manfaat terpenting pisang.

Ini mengandung antioksidan, terutama karoten, flavenoids dan vitamin C, dan sangat penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh dan pencegahan banyak penyakit dan kanker serta memerangi penuaan.

6. Menjaga Hati

Pisang adalah sumber vitamin B6 (piridoksin) yang sangat kaya dan sangat penting untuk keamanan saraf dan pencegahan anemia, dan untuk menjaga kesehatan jantung dan arteri.

Karena 100 gram pisang menyediakan sekitar 28% dari jumlah vitamin yang direkomendasikan setiap hari.

7. Meningkatkan Kondisi Psikologis

Salah satu manfaat pisang adalah menenangkan saraf dan membantu mengurangi depresi dengan juga mengandung tryptophan (Tryptophan).

Tubuh mengubah zat menjadi apa yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan tubuh (serotonin), yang membantu untuk rileks dan meningkatkan suasana hati.

Untuk semua ini, pisang mungkin telah dikenal sejak zaman kuno sebagai buah filsuf atau orang bijak yang membantu mereka bersantai dan bermeditasi.

8. Kaya Akan Mineral

Selain itu, semua manfaat pisang segar adalah bahwa ia adalah salah satu buah terkaya dalam mineral, seperti:

  • Zat besi, tembaga, magnesium, dan mangan sangat penting untuk darah dan untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan jantung.
  • Terkenal sebagai sumber dasar potasium, dalam setiap 100 gram pisang 358 mg potasium. Kalium membantu mengatur tekanan darah, detak jantung, menjaga sel dan berfungsinya berbagai proses vital.

9. Pertahankan Berat Badan Yang Tepat

Sudah menjadi rahasia umum di antara orang-orang bahwa pisang yang kaya karbohidrat dan gula mungkin menjadi penyebab kelebihan berat badan dan obesitas, dan dengan demikian menemukan bahwa banyak yang mencegah diri mereka makan hanya karena mereka memulai rencana diet mereka.

Namun, mereka tidak menyadari berapa banyak serat yang bisa mereka hilangkan, sementara ini mungkin alat yang membantu mereka merasa kenyang dan menurunkan berat badan dengan cara yang sehat dan sehat.

Pisang mengandung sejumlah besar air dan serat larut membantu untuk merasa kenyang dan dengan demikian mengurangi makanan di kemudian hari, yang mungkin kaya kalori.

Tentu saja, dengan mempertimbangkan bahwa satu porsi pisang, yang kira-kira sama dengan pisang kecil, yang dianggap satu porsi buah memberi manusia sekitar 60 kalori.

Dengan demikian, kami merencanakan diet yang sesuai kalori dan memasukkan pisang selama kudapan dan dalam jumlah yang dihitung, yang memastikan pemeliharaan berat badan yang tepat atau mencapai.

10. Dapat Mencegah Diabetes

Beberapa percaya bahwa penderita diabetes mencegah makan jenis makanan tertentu, terutama buah-buahan dengan rasa manis, seperti pisang dan anggur, yang tentu saja palsu dan pengetahuan umum di antara orang-orang.

Jika seorang penderita diabetes melakukan diet yang sehat dan memasukkan buah-buahan ini, maka akan mudah untuk mengontrol dan mengatur gula darah.

Pisang bisa menjadi pilihan yang lebih sehat karena mengandung banyak air, yaitu sekitar 75% dari beratnya, dan 23% dari gula, tetapi mereka miskin protein dan lemak.

Dengan demikian, penderita diabetes sebaiknya tidak terlalu sering, tetapi dapat diminum satu tablet sehari dengan sisa makanan dan sesuai dengan rencana diet yang tepat dan sesuai untuknya.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Buah Pisang

Meskipun manfaat pisang banyak dan beragam, Anda harus memperhatikan beberapa hal, misalnya, semakin banyak pisang berwarna hijau, semakin besar jumlah pati dan semakin sulit dicerna.

Oleh karena itu kadang-kadang bisa menjadi penyebab sembelit, jadi kami sarankan makan pisang kuning dalam jumlah yang wajar dan sepadan dengan kebutuhan sehari-hari orang tersebut.

Cara Memilih Pisang yang Baik

Membeli pisang tergantung pada tujuannya, apakah untuk memakannya segar atau untuk digunakan dalam masakan dan makanan penutup. Secara umum, pisang adalah makanan yang aman yang tidak perlu dicuci atau disterilkan dan dapat diambil segera setelah kulit luarnya dikeluarkan:

  1. Pisang kuning matang sudah matang dan siap untuk dimakan.
  2. Pisang coklat lembut dengan bintik-bintik hitam terlalu banyak dianggap tidak termakan dan dapat digunakan untuk jus dan beberapa hidangan.
  3. Hijau atau kuning cerah dapat diambil dalam dua hingga empat hari di rumah.
  4. Warna abu-abu dipengaruhi oleh penyimpanan dingin dan tidak disarankan untuk membelinya.

Bagaimana Cara Menyimpan Pisang yang Baik

  1. Pisang mentah biasanya dijauhkan dari sinar matahari pada suhu kamar normal selama satu atau dua hari.
  2. Kemudian dapat disimpan dalam lemari es dalam kantong plastik selama empat hingga lima hari. Perhatikan bahwa warnanya bisa menjadi gelap, tetapi bagian dalamnya matang dan dengan citarasa yang baik.
  3. Pisang segar lebih enak dan kaya akan nilai gizi dibanding pisang hijau yang belum matang.