Surat Al-Zalzalah Arab, Latin dan Arti Terjemahan Indonesia

Baca Surah Az-Zalzalah online arab, bahasa latin dan terjemahan kedalam bahasa indonesia disertai artinya tiap-tiap ayat pada surat az zalzalah.

Surah Az Zalzalah merupakan surat ke 99 dalam kitab suci Al Quran. Surah Az Zalzalah terdiri dari 8 ayat dan termasuk juz ke 30 atau juz amma (surat pendek).

Surah Az Zalzalah artinya “Kegoncangan” yaitu diambil dari kata Zilzaal pada ayat pertama. Surah Az Zalzalah termasuk golongan surah Madaniyah karena surah ini diturunkan di kota Madinah.

Kandungan inti dari isi Surah Az Zalzalah adalah terjadinya hari kiamat yaitu pada saat bumi diguncangkan hingga gempar dan keluarnya manusia dari dalam bumi. Pada saat itu manusia keluar dari kubur dalam keadaan berkelompok agar mereka diperlihatkan sesuai amal perbuatannya dan balasan amal bagi mereka.

Surah ke99
ArtiKegoncangan
Jumlah ayat8 ayat
JuzJuz 30 (Juz Amma)
Golongan surahMadaniyah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

  1. اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙiżā zulzilatil-arḍu zilzālahāApabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,
  2. وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙwa akhrajatil-arḍu aṡqālahādan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
  3. وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚwa qālal-insānu mā lahāDan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”
  4. يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙyauma`iżin tuḥaddiṡu akhbārahāPada hari itu bumi menyampaikan beritanya,
  5. بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَاۗbi`anna rabbaka auḥā lahākarena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.
  6. يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗyauma`iżiy yaṣdurun-nāsu asytātal liyurau a’mālahumPada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.
  7. فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚfa may ya’mal miṡqāla żarratin khairay yarahMaka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,
  8. وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗwa may ya’mal miṡqāla żarratin syarray yarahdan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Baca surat sebelumnya: Surat Al Bayyinah dan surat sesudahnya: Surat Al Adiyat.

Referensi:
Id Wikipedia. Diakses pada 2020. Surah Az-Zalzalah
Quran Kemenaq. Diakses pada 2020. Az-Zalzalah

Soundcloud. Diakses pada 2020. Alafasy 99-Al-Zalzala
Lite Quran. Diakses pada 2020. Surat Al Zalzalah Arab, Latin & Terjemah Bahasa Indonesia