Surat Al-Qadr Arab, Latin dan Arti Terjemahan Indonesia

Baca Surah Al-Qadr online bahasa arab, bahasa latin dan terjemahan kedalam bahasa indonesia disertai artinya tiap-tiap ayat pada Surat Al Qadar.

Surah Al Qadr merupakan surat ke 97 dalam kitab suci Al Quran. Surah Al Qadr terdiri dari 5 ayat dan termasuk juz ke 30 atau juz amma (surat pendek).

Surah Al Qadr artinya “Kkemuliaan” yaitu diambil dari kata Al Qadr pada ayat pertama. Surah Al Qadr termasuk golongan surah Makkiyah karena diturunkan di kota Mekkah.

Kandungan inti dari isi Surah Al Qadr adalah diturunkannya Al Quran pada Lailatul Qadar yaitu pada Bulan Ramadhan. Pada surah ini dikatakan bahwa malam Lailatul Qadar, para malaikat dan ruh (jilbril) turun ke dunia untuk mengatur segala urusan.

Surah ke97
ArtiKemuliaan
Jumlah ayat5 ayat
JuzJuz 30 (Juz Amma)
Golongan surahMakkiyah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

  1. اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ innā anzalnāhu fī lailatil-qadrSesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam qadar.
  2. وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗwa mā adrāka mā lailatul-qadrDan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?
  3. لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗlailatul-qadri khairum min alfi syahrMalam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.
  4. تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛtanazzalul-malā`ikatu war-rụḥu fīhā bi`iżni rabbihim, ming kulli amrPada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.
  5. سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِsalāmun hiya ḥattā maṭla’il-fajrSejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.

Baca surat sebelumnya: Surat Al Alaq dan surat sesudahnya: Surat Al Bayyinah.

Referensi:
Id Wikipedia. Diakses pada 2020. Surah Al-Qadr
Quran Kemenaq. Diakses pada 2020. Al-Qadr

Soundcloud. Diakses pada 2020. Alafasy 97-Al-Qadr
Lite Quran. Diakses pada 2020. Surat Al Qadr Arab, Latin & Terjemah Bahasa Indonesia