Manfaat Madu untuk Kesehatan Tubuh Anda

Madu adalah minuman dan sebagai penyembuh terbaik untuk banyak penyakit“. Kita selalu mendengar kalimat ini dari orang-orang di sekitar kita, terutama dari orang tua kita. Mereka secara naluriah tahu bahwa madu adalah salah satu makanan atau minuman terbaik dan paling berguna yang pernah ada. Memang, madu murni memiliki sifat terapeutik dan nutrisi yang tidak ditemukan dalam makanan lain.

Nilai gizi madu

Manfaat madu dikaitkan dengan nilai gizi, termasuk:

  1. Satu sendok makan madu (21 gram) mengandung 64 kalori dan 17 gram gula, termasuk fruktosa, glukosa, maltosa, dan sukrosa.
  2. Madu hampir tidak mengandung serat, lemak atau protein.
  3. Madu mengandung sejumlah kecil “kurang dari 1% dari jumlah yang disarankan” dari banyak vitamin dan mineral.
  4. Madu mengandung banyak senyawa tanaman aktif dan antioksidan, spesies yang lebih gelap cenderung lebih tinggi dalam senyawa ini daripada spesies yang lebih ringan.

Manfaat madu untuk kesehatan

Pengobatan batuk malam hari

Pada tahun 2012 penelitian dilakukan pada 300 anak usia 1-5 tahun, untuk mengetahui efek madu pada batuk malam hari dan meningkatkan kualitas tidur. Hasilnya menunjukkan bahwa madu dapat menjadi pengobatan terbaik untuk kesulitan tidur karena batuk malam hari dan infeksi saluran pernapasan.

Tingkatkan energi dan kinerja

Madu mengandung sekitar 64 kalori per sendok makan, jadi itu adalah sumber yang sangat baik untuk meningkatkan kinerja atletik dan memberi tubuh energi, dan gula alami dalam madu lebih mudah dicerna daripada gula putih.

Antiseptik alami

Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga sering digunakan sebagai antiseptik alami dalam obat konvensional, madu juga membantu membersihkan saluran pencernaan.

Memperkuat kekebalan tubuh

Madu mengandung nutrisi yang efektif untuk menghilangkan radikal bebas dari tubuh, dan sebagai hasilnya membantu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap banyak kasus, bahkan kasus-kasus serius seperti kanker atau penyakit jantung.

Peneliti Nelly Goldoff dari University of Illinois telah menerbitkan serangkaian studi tentang sifat antioksidan madu, dan manfaatnya termasuk peningkatan kapasitas antioksidan dalam serum manusia.

Penyembuhan luka dengan cepat

Penelitian signifikan sedang dilakukan untuk mempelajari manfaatnya dalam pengobatan luka. Telah terdaftar bahwa madu memiliki sifat antimikroba dan juga membantu meningkatkan penyembuhan luka dan luka bakar.

Meringankan diare

Menurut ulasan penelitian berdasarkan madu, telah terbukti mengurangi keparahan dan durasi diare.

Penelitian yang dilakukan di Lagos, Nigeria, menunjukkan bahwa madu juga menunjukkan kemampuan untuk memblokir aksi patogen yang biasanya menyebabkan diare.

Kontrol tekanan darah tinggi

Mengonsumsi madu dapat menyebabkan sedikit penurunan tekanan darah, faktor risiko penting untuk penyakit jantung, jadi itu adalah pilihan yang baik untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Tingkatkan kolesterol

Madu tampaknya memiliki efek positif pada kadar kolesterol.

Pencegahan GERD

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi aliran asam lambung ke atas dan makanan yang tidak tercerna dengan melapisi kerongkongan dan lambung.

Ini telah membantu mengurangi risiko penyakit refluks gastroesofageal (GERD), yang secara luas dikenal sebagai salah satu penyakit pencernaan yang paling menjengkelkan.

Manfaat madu untuk pencernaan

Madu, terutama ketika dicampur dengan lemon, memiliki sifat antimikroba dan antioksidan, yang merupakan sumber nutrisi yang berbeda. Ini adalah ide bagus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencampurkan madu dan lemon bersama-sama dengan air hangat dan memiliki minuman rasa yang seimbang.

Kombinasi ini mengobati beberapa sakit perut, memiliki sifat antibakteri yang membantu membersihkan usus dan lambung, meningkatkan efisiensi sistem kekebalan tubuh, dan sangat berguna dalam pengobatan pilek.

Manfaat madu saat perut kosong untuk diet

Waktu terbaik untuk makan madu di pagi hari karena tubuh Anda membutuhkan diet bermanfaat yang mengandung vitamin dan mineral, dan juga membutuhkan dorongan energi, dan manfaat madu saat perut kosong untuk diet:

Mengurangi obesitas

  1. Melindungi tubuh dari penumpukan gula.
  2. Mengurangi kadar kolesterol LDL.
  3. Makan madu dengan perut kosong dapat membantu Anda menurunkan berat badan.
  4. Madu memiliki kalori lebih sedikit daripada gula biasa, jadi saat berdiet, Anda dapat mengganti gula dengan madu.

Manfaat madu untuk kulit

Madu adalah pemanis alami yang digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk memasak, terapi dan perawatan kecantikan. Manfaat madu tidak diperhitungkan, tetapi terutama untuk kulit dan kulit. Madu juga dapat digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Kering

Karena komposisi dan sifat kimianya membantu melembabkan kulit, masker wajah madu dapat digunakan untuk mempertahankan kelembaban di area kulit kering. Masker ini juga dapat digunakan untuk kulit berminyak, dan madu melindungi kulit dari dehidrasi yang disebabkan oleh kebanyakan pembersih wajah tradisional.

Manfaat madu untuk rambut

Kerontokan rambut terjadi karena sejumlah alasan, termasuk malnutrisi, kelemahan, penuaan, ketidakseimbangan hormon, dan ketombe, yang merupakan penyebab utama kerontokan rambut. Ada beberapa perawatan berbasis madu yang digunakan dalam perawatan kerontokan rambut yang disebabkan oleh ketombe.

Madu dan minyak jojoba

Perawatan ini adalah resep lengkap yang mengandung balsem dan ketombe juga. Anda membutuhkan madu, minyak jojoba dalam jumlah yang hampir sama, tergantung pada panjang dan kepadatan rambut, dan 2-3 sendok makan tetes minyak esensial cendana atau lavender.
Bahan-bahan di atas dicampur dan pijat akar rambut dan kulit kepala dengan campuran ini, menggunakan jari, tetapi hindari gesekan yang kuat.

Manfaat madu bagi mata

Mereka yang mengikuti penggunaan madu di mata di rumah, percaya bahwa itu adalah salah satu metode yang aman, dan percaya bahwa mereka bisa mendapatkan manfaat madu bagi mata karena zat antibakteri yang terkandung dalam madu, di antara kepercayaan berikut:

  1. Pengobatan infeksi dan pengobatan borok kornea.
  2. Tingkatkan penglihatan dan ketajaman visual dengan mengaktifkan saraf optik.
  3. Pengobatan konjungtiva mata.
  4. Kurangi keriput dan sembunyikan lingkaran hitam di sekitar mata.
  5. Pengobatan alergi mata.
  6. Tujuan kosmetik adalah untuk mencerahkan warna mata.
Madu adalah obat alami yang efektif yang telah terbukti efektif ketika digunakan secara topikal untuk meringankan dan mengobati gejala wasir yang mengganggu dan menyakitkan.

Manfaat madu untuk mengobati wasir

Madu digunakan dalam pengobatan wasir karena khasiat obatnya yang mempercepat penyembuhan luka, yaitu:

  1. Madu memiliki sifat antimikroba.
  2. Madu menenangkan dan menghilangkan bau tak sedap pada luka.
  3. Madu mempercepat proses penyembuhan dengan merangsang jaringan luka.
  4. Madu membantu memulai proses penyembuhan pada luka yang tidak aktif.
  5. Madu membantu mempromosikan penyembuhan luka basah.

Manfaat madu untuk mengobati sakit maag

Madu adalah makanan sehat yang kaya antioksidan. Madu dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan mata, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan bahkan jenis kanker tertentu. Madu juga membantu mempromosikan penyembuhan dari banyak luka, termasuk Bisul perut itu.

Para ilmuwan percaya bahwa sifat antibakteri madu dapat membantu melawan infeksi H. pylori, salah satu penyebab paling umum sakit maag. Ada banyak penelitian pada hewan yang mendukung kemampuan dan efektivitas madu untuk mengurangi risiko maag, serta mempercepat penyembuhan, Namun, studi lebih lanjut diperlukan.

Manfaat madu untuk meningkatkan kesuburan

Dalam hal meningkatkan kesuburan, madu tidak bisa dilupakan. 2010, bee pollen, bahan baku madu, secara signifikan meningkatkan kualitas dan kesuburan semen.

Bukti yang diterbitkan dalam International Journal of Obstetrics and Gynecology, pada Mei 2008, menunjukkan bahwa pasangan yang memiliki masalah dengan kehamilan dan membuat aplikasi royal jelly dan madu di sekitar hubungan seksual dapat secara efektif meningkatkan kesuburan.

Manfaat madu untuk menambah berat badan

Manfaat terbesar madu untuk menambah berat badan adalah kandungan kalorinya, satu sendok teh mengandung 64 kalori, lebih banyak dari gula pasir, yang mengandung 49 sendok makan.

Madu dapat ditambahkan ke dalam diet untuk menambah berat badan dengan menambahkannya ke minuman protein Anda, ke sandwich selai kacang, sebagai pemanis alih-alih gula dalam minuman, atau ke hidangan susu gandum utuh, dan banyak cara lain tetapi tidak terlalu banyak memakannya. Untuk gula tinggi di dalamnya.

Sekarang, para pembaca yang budiman, kami berharap kami telah memberi Anda semua yang Anda ketahui tentang manfaat madu atau emas cair kuning seperti yang disebut oleh para ahli diet.